Apa Itu Digital Platform?

Ilustrasi digital platform | Sumber: Pixabay/geralt


Istilah platform digital dalam beberapa tahun terakhir jamak kita dengar penyebutannya. Kondisi ini terjadi seiring derasnya laju digitalisasi yang terjadi di seluruh aspek kehidupan di dunia. Proses digitalisasi yang terjadi secara cepat dan luas membuat banyak perusahaan melahirkan platform-platform digital baru untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Kehadiran platform digital menjadi salah satu akibat dari proses digitalisasi yang mau tak mau harus dilakukan manusia saat ini. Tanpa digitalisasi, kegiatan manusia di berbagai bidang akan tertinggal. Karena itu, proses digitalisasi harus didorong untuk terus berlangsung secara efektif dan cepat.

Meski kemunculannya sudah terjadi sejak beberapa tahun terakhir, namun hingga kini masih banyak pihak yang belum memahami betul arti dari istilah platform digital. Ketidakpahaman ini tak jarang menimbulkan dampak negatif berupa timbulnya kesalahan masyarakat dalam melakukan transformasi digital.

Digital platform dapat diartikan sebagai sebuah tempat, wadah, atau sarana yang memfasilitasi bertemunya para pihak untuk saling bertukar informasi, berdagang, atau menawarkan jasa dan layanan. Kehadiran platform digital membuat seluruh kegiatan di atas bisa dilakukan dalam satu tempat, yang mempertemukan langsung pihak penjual dan pembeli, pemberi dan penerima informasi, atau penyedia dan pemakai jasa/layanan.

BACA JUGA: Berkenalan dengan Sejumlah Istilah Penting di Bidang Teknologi Komunikasi

BACA JUGA: Berkenalan dengan Sejumlah Istilah Penting di Bidang Teknologi Komunikasi (2)

Karena sifatnya yang luas, digital platform memiliki jenis yang berbeda-beda. Perbedaan ini muncul mengikuti keragaman fungsi dan tujuan dari dibentuknya suatu platform digital. Sebagai contoh, saat ini ada berbagai nama digital platform sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, dan LinkedIn. Ada juga digital platform audio-visual seperti YouTube, Spotify, Apple Music, dan Langit Musik yang hadir untuk memenuhi kebutuhan hiburan masyarakat.

Sebuah digital platform bisa dikatakan sukses dan berarti kehadirannya apabila mampu menjalankan dua fungsi utama. Pertama, apabila digital platform terkait dapat memfasiitasi terjadinya pertukaran layanan, informasi, dan menjembatani perdagangan dengan baik. Kedua, jika platform mampu memberi daya tambah yang besar bagi komunitas masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraannya.

Dampak positif dari maraknya kemunculan platform digital juga bisa dirasakan apabila kehadirannya digunakan secara optimal oleh masyarakat. Tanpa penggunaan yang tepat, digital platform tidak akan membawa arti dan nilai tambah apapun bagi kehidupan.

Untuk memaksimalkan potensi manfaat dari kehadiran digital platform, maka masyarakat harus didorong dan diedukasi supaya bisa menggunakan beragam platform secara tepat. Saran ini telah disampaikan salah satunya oleh Pemerhati Ilmu Komunikasi dan Behavioural Science Kris Moerwanto.

Melalui akun instagram pribadinya, Kris menyebut pemaknaan salah terkait platform digital masih banyak ditemui di tengah masyarakat, terutama di kalangan pelaku usaha dan UMKM. Dia mendorong agar ke depannya pelaku usaha dan UMKM tidak hanya memandang digital platform sebagai tempat berjualan.

“Dengan memaknai ‘platform’ bukan sekedar ‘lapak’, maka penjual tidak hanya bisa meningkatkan omzet & jumlah pembeli. Tapi juga lebih bisa bertransformasi digital secara optimal,” kata Kris dikutip dari akun instagram resminya.

Pemaknaan dan penggunaan digital platform secara tepat harus terus diupayakan, mengingat kini sudah ada banyak platform buatan anak negeri yang hadir untuk memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat. Berbagai digital platform dihadirkan salah satunya oleh PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Sebagai digital telco terbesar di Indonesia, Telkom berkomitmen terus menyediakan dan mengembangkan bisnis digital melalui salah satu domainnya yaitu digital platform. Komitmen Telkom telah terbukti dengan hadirnya kini berbagai layanan big data, blockchain, cyber security, komputasi awan, serta pusat data yang disediakan Telkom.

Berbagai platform digital yang dimiliki Telkom bisa membawa banyak manfaat untuk masyarakat apabila digunakan secara tepat. Karena itu, mari kita bersama mulai memanfaatkan platform-platform digital yang tersedia untuk membawa kemaslahatan bagi diri sendiri, lingkungan, dan negara.

Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu, untuk berkomentar memakai akun kamu.

Tekan ESC untuk keluar