#WritingCompetitionDigitalBisa #DigitalBisa #UntukIndonesiaLebihBaik
Berdasarkan data Kementerian Koperasi Dan UKM Republik Indonesia, lebih dari 64 juta unit UMKM memiliki kontribusi sebagai berikut:
- 97% terhadap total tenaga kerja
- 60% terhadap PDB nasional
Artinya sangat jelas bahwa UMKM adalah tulang punggung perekonomian Indonesia. Dan ini adalah fakta. Bukan isapan jempol belaka.
Kalau UMKM terus bertumbuh, maka perekonomian nasional pun ikut bertumbuh.
Kita sama – sama mengetahui bahwa banyak UMKM di Indonesia yang memiliki produk berkualitas.
Bahkan terkadang lebih berkualitas ketimbang produk dari brand ternama.
Tapi sayangnya, keberadaan produk UMKM ini belum diketahui oleh banyak orang.
Salah satu penyebanya adalah karena tidak dipromosikan dengan optimal.
Ya. Selain masalah permodalan, promosi merupakan bagian penting yang harus diperhatikan oleh para pelaku UMKM, agar bisnisnya mengalami percepatan.
Pertanyaannya, bagaimana cara mempromosikan produk UMKM agar hasilnya bisa optimal?
Sebelum Saya menjawab pertanyaan di atas, sekarang coba perhatikan baik – baik 2 pernyataan di bawah ini.
Menurut Anda, mana yang paling realistis untuk dilakukan, serta tentunya lebih efektif dan efisien bagi para pelaku UMKM:
- Mempromosikan produk UMKM kepada semua orang tanpa terkecuali.
- Mempromosikan produk UMKM hanya kepada orang – orang yang jelas sudah membutuhkan.
Saya yakin, mayoritas dari Anda akan memilih pernyataan ke – 2.
Alasannya:
- Lebih tepat sasaran. Sehingga kemungkinan terjadinya penjualan lebih besar.
- Lebih hemat budget. Karena target marketnya lebih spesifik dan sangat terukur.
Sekarang, bagaimana cara mempromosikan produk UMKM, hanya kepada orang – orang yang jelas sudah membutuhkan?
Jawabannya adalah dengan menggunakan strategi Search Engine Optimization atau SEO.

Apa Itu Search Engine Optimization (SEO)?
SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu strategi pemasaran online, yang bisa mengoptimalkan performa website, agar muncul di halaman 1 mesin pencari seperti google, secara natural dan organik.
- Mengapa harus muncul di halaman 1 mesin pencari google?
- Bagaimana kalau muncul di halaman 2,3, dan seterusnya?
Jawabannya karena mayoritas pengguna mesin pencari google, lebih sering mengunjungi website yang muncul di halaman 1 hasil pencarian.
Gambar di bawah ini adalah salah satu buktinya.

Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa:
Semakin tinggi peringkat suatu website di mesin pencari google, maka website tersebut akan memiliki tingkat persentase klik atau kunjungan yang semakin tinggi.
Jadi pada prinsipnya:
Strategi SEO mampu mengupayakan produk yang banyak dicari oleh pengguna mesin pencari google, muncul di halaman 1 hasil pencarian.
Sehingga:
Kalau website bisnis para pelaku UMKM ini muncul di halaman 1 google, maka akan berpeluang besar mendapatkan kunjungan tertarget, serta tentunya berpotensi menghasilkan penjualan.
Di sinilah peran krusial SEO.
Karena dengan menggunakan strategi SEO, produk UMKM berpeluang besar dikenal oleh masyarakat luas, dan mampu bersaing secara sehat dengan produk lainnya.
Persiapan Pengerjaan SEO Untuk Bisnis UMKM
Di sini Saya tidak akan menjelaskan secara detail tentang langkah – langkah pengerjaan SEO pada suatu bisnis. Karena hal itu akan sangat panjang.
Tapi Saya akan menjabarkan tentang 3 hal penting yang harus disiapkan, agar bisa menerapkan strategi SEO di bisnis skala UMKM dengan baik.
1 – Koneksi Internet
Hal pertama yang perlu disiapkan adalah koneksi internet yang stabil. Karena inilah modal utama untuk go online.
Tantangannya, mayoritas UMKM di Indonesia berada di berbagai pelosok daerah, sehingga cukup sulit untuk mendapatkan koneksi internet yang stabil.
Tapi Alhamdulillah.
Mulai sekarang, kita bisa mengunakan koneksi internet IndiHome, yang berada di bawah naungan Telkom Indonesia, BUMN berpengalaman yang per 6 Juli 2021 kemarin genap berusia 56 tahun.
Selain cukup stabil, IndiHome dikenal memiliki koneksi internet dengan jangkauan yang sangat luas, hingga ke berbagai pelosok daerah di Indonesia.
2 – Produk Berkualitas
Berikutnya adalah kualitas produk. Termasuk pelayanannya.
Penting untuk diingat bahwa SEO adalah strategi pemasaran online. Jadi, produk berkualitas dan layanan yang prima tetap memegang peranan yang sangat penting di sini.
Karena produk dan layanan inilah yang akan dipromosikan.
Untuk teman – teman para pelaku UMKM, jangan hanya bersembunyi di balik tagline produk buatan anak bangsa, tanpa peduli akan kualitasnya.
Namun sebaiknya tetap fokus meningkatkan kualitas produk dan layanannya.
3 – Website
Di bisnis online, peran toko bisa digantikan dengan sangat baik oleh website.
Ya. Saya yakin kalau beberapa dari Anda mungkin ada yang bertanya – tanya:
“Mengapa harus memiliki website sendiri, bukankah bisa berjualan online di marketplace secara gratis?”
Jawabannya:
Website tetap dibutuhkan untuk melakukan branding produk UMKM.
Jalan tengahnya:
- Gunakan website sebagai toko utama, dan marketplace sebagai toko cabang.
- Dan gunakan website untuk melakukan branding produk, namun proses jual beli tetap diarahkan ke marketplace.
Cukup masuk akal bukan? Dan ini adalah salah satu wujud kolaborasi yang yang sama – sama saling menguntungkan bagi kedua belah pihak.
Lagi pula, website bisnis UMKM inilah yang nantinya akan dipromosikan menggunakan strategi SEO, dengan melakukan 3 langkah sebagai berikut ini:
Pertama: Membuat website bisnis yang disukai oleh pengunjung (Manusia), dan juga mesin pencari (Robot) seperti google.
Kedua: Menyiapkan artikel, termasuk artikel tentang produk yang ingin dijual, dan melengkapinya dengan gambar yang relevan. Kemudian memastikan bahwa artikel tersebut ada pencarinya, setelah itu menerbitkannya.
Di bawah ini adalah salah satu contoh produk yang banyak pencarinya di mesin pencari google.

Ketiga: Mempromosikan artikel yang sudah diterbitkan ke target market yang tepat, agar mendapatkan rekomendasi dari mereka.
Dengan melakukan 3 langkah seperti di atas, secara umum kita sudah menerapkan SEO di website bisnis masing – masing.
Kesimpulan
Kita semua tidak mengetahui dengan pasti kapan pandemi COVID – 19 ini akan benar – benar berakhir.
Tapi yang jelas, musibah ini merupakan pukulan telak bagi semua orang. Termasuk teman – teman para pelaku UMKM.
Sekarang, selain berharap dan berdoa agar pandemi ini segera berakhir, tugas kita adalah terus berikhtiar dan bergerak.
Dengan adanya:
- Koneksi internet IndiHome yang cukup stabil, dan merata hingga ke berbagai pelosok daerah di Indonesia.
- Produk UMKM berkualitas yang ditampilkan di website bisnisnya masing – masing, dan dipromosikan dengan menggunakan strategi SEO.
- Kebijakan pemerintah yang semakin mendukung transformasi digital UMKM di Indonesia.
Kita harusnya optimis bahwa produk UMKM yang berkualitas bisa semakin dikenal di seluruh Indonesia, bahkan mungkin hingga ke mancanegara!
Sehingga pada akhirnya, para UMKM tetap bisa menjalankan perannya sebagai tulang punggung perekonomian bangsa.
Kanal jogja
01 Agu 2021 09.04 WIBNggak kaleng2 ini folder seo, mantap bener artikelnya. Dulu kanal jogja pernah dapat sentuhan n artikel page one
HapusOji Faoji
01 Agu 2021 12.28 WIBBetul sekali biaya marketing SEO lebih murah apalagi jika pelaku umkm punya team yg mengerti tentang web, lebih enak untuk melakukan promosi marketingnya via website dan dorongan SEO agar konten²nya bisa masuk ke halaman pertama google.
Faiq Aminuddin
01 Agu 2021 16.06 WIBinformatif. Saya suka alur tulisannya. Kalimatnya padat dan mampu menuntun pembaca untuk terus membaca sampai akhir. Keren.
Hapusmonggo mampir ke tulisan saya http://digitalbisa.id/artikel/diperlukan-pusat-data-digital-nasional-MHRyT
terima kasih